Friday, November 25, 2011

FUNGSI PENYIAR DALAM SEBUAH RADIO

       Penyiar mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah radio, bahkan menempati posisi sebagai ujung tombak. Hal ini dikarenakan penyiarlah orang yang berhubungan dan berkomunikasi langsung dengan pendengar.Bisa jadi pendengar tidak peduli terhadap peran bagian lain dalam sebuah radio, yang sebenarnya sangat menunjang kerja penyiar.
       Posisi seorang penyiar terkesan istimewa karena menempati posisi terdepan dalam proses produksi siaran.Pendengar lebih tahu nama penyiar dibanding nama orang yang dibalik layar.
      
Mengingat peran dan fungsi penyiar yang sangat penting dan dominan, bagaimanakah sosok penyiar yang baik?Seorang penyiar harus bisa menjalankan peran antara lain :

Wakil Citra Radio.
       Karena penyiar merupakan figur yang paling mudah dikenal oleh pendengar maka seorang penyiar mempunyai beban tanggung jawab yang besar. Citra yang ditimbulkan oleh penyiar secara langsung akan mencerminkan citra radio.Bagi pendengar, seorang penyiar berbicara  atas  nama radio atau perusahaan, buka atas nama pribadi penyiar.Karena itu seorang penyiar harus sadar betul bahwa gambaran citra radio tercermin dari setiap tutur kata, perilaku, cara berfikir, dan gaya bicaranya.


Marketing.
       Seorang penyiar juga berperan sebagai tenaga pemasaran bagi radio, terutama untuk radio swasta.Kekuatan penyiar dalam personaliti siarannya merupakan daya tarik besar untuk menghadirkan iklan dalam acara-acaranya.Banyak terjadi pemasang iklan tertarik menempatkan iklan produknya pada suatu acara karena tertarik pada penyiarnya.Begitu pula sebaliknya, pemasang iklan tidak tertarik memasang iklan pada suatu acara karena penyiarnya tidak menarik.

Komunikator.
       Peran penyiar penting lainnya adalah sebagai komunikator.Artinya penyiar bukan sekedar sebagai tukang bicara, tetapi sebagai penyampai pesan kepada pendengar.

Petugas Humas.
       Karena besarnya pengaruh penyiar terhadap pendengar, maka secara langsung penyiar berfungsi sebagai petugas Humas untuk kepentingan radio.Penyiar juga yang dapat membangun tingkat kepercayaan pendengar maupun relasi  terhadapkredibelitas radio. Secara  eksternal seorang penyiar juga dapat mengangkat permasalahan yang terjadi di masyarakat melalui siarannya.

No comments:

Post a Comment