Saturday, November 19, 2011

IKPU SURAKARTA , Komunitas Muslim di 2 Meter Band

          Di wilayah Surakarta, Jawa Tengah ada sebuah komunitas muslim bernama Ikatan Keluarga Pengajian Udara atau IKPU.Sesuai dengan namanya komunitas ini menyelenggarakan agenda rutin pengajian di udara,di frekwensi yang masih termasuk frekuensi amatir radio atau ORARI di 2 meter band, tepatnya di frekuensi 144,02 MHz Bagi yang hobby nge-break di 2 meter band, khususnya di wilayah Surakarta dan sekitarnya atau di mana saja yang bisa menjangkau, silakan gabung di sini.
          Anggotanya terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar tentang keislaman.Saat ini ada ratusan muslim bergabung di sini,berasal dari berbagai penjuru.Dari Solo / Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Pacitan,bahkan ada yang dari Magelang dan Demak.
          Kajian dilaksanakan rutin setiap hari, mulai pukul 05.00 wib - 06.30 wib, dipandu oleh Ust. Syamsul Hadi dan nara sumber antara lain : ust.Ahmad Zakariya dari Solo, ust. Abu Hanifah dari Sukoharjo, ust.Dipo, ust.Abas, ust.Jaka dari Klaten, ust.Abdul Halim, ust Amru, ust.Abu Izzah dari Boyolali, dan ust. Ahmad Sidiq dari Karanganyar.Selain itu ada beberapa ustadz yang tidak terjadwal dalam kajian pagi, tetapi mengisi di waktu-lain seperti Ust Dahlan, Ust. Burhan, Ust. Abdul Khamid, Ust. Rohmad, dan Ust. Umar atau yang akrab disapa Bang Umar.
         
Agenda rutin setiap pagi di awali dengan absensi pertama bersama pakdhe Rony, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh ustadz sesuai jadwal, tanya-jawab, dan ditutup dengan absensi kedua bersam mas Nur Rokhim.Untuk hari Senin - Jumat dan Ahad pendengar dapat bertanya masalah yang belum jelas sesuai materi yang disampaikan.Sedang hari Sabtu khusus untuk tanya-jawab bebas permasalahan islam.
          Di beberapa waktu lain Bang Umar dengan penuh semangat membacakan buku-buku islam secara bersambung.Ba'da shalat Maghrib frekuensi digunakan untuk tadarus Qur'an, dan ba'da Isya ustadz Burhan membacakan buku-buku yang berisi tanya-jawab tentang masalah keislaman.
          Selain agenda rutin di frekuensi, secara off air ada agenda kajian rutin malam Rabu,mengkaji kitab Nailul Authar bersama Ust Ahmad Zakariya, Ust Burhan, dan Ust Jaka.Dan setiap enam bulan sekali diadakan pertemuan darat yang tempatnya berpindah-pindah di kota-kota yang disitu ada anggotanya.Di udara maupun di darat penuh suasana akrab.

Artikel terkait :
- Antenna Sederhana 2 Meter Band.
- Organisasi Amatir Radio Indonesia.
- Sekilas Tentang Perkembangan Radio.

1 comment: