Wednesday, February 8, 2012

Antenna Sederhana 2 Meter Band


          Dalam keadaan darurat atau suatu ketika sedang berada di tempat terpencil sering diperlukan daya improvisasi untuk membuat antenna dari bahan-bahan yang terdapat di sekeliling kita. Antena  dapat dibuat dari bahan sembarang logam yang bisa didapatkan misalnya sepotong kawat jemuran atau kawat ruji payung, dsb.Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan antenna adalah ukuran panjang disesuaikan dengan frekwensi kerja radio kita. Untuk antena VHF 2 meteran, konfigurasi antenna yang digunakan adalah vertikal, agar diperoleh polarisasi vertikal.
          Batang logam yang didapat tersebut dipotong sepanjang 1⁄4 Lambda dan disambung dengan inner dari coaxial cable.Antenna sepeti ini serin disebut antenna monopole, dan antenna semacam ini sudah dapat digunakan dengan cukup bagus.
          Untuk lebih sempurna dapat ditambahkan 3 atau 4 batang logam sepanjang 1/4 lamda yang dihubungkan dengan outer dari coaxial cable yang dipasang horizontal. Antenna semacam ini disebut antena ground plane.
         Selain antenna monopole dan antenna ground plane, kita bisa membuat antenna sederhana yang lain yaitu antenna dipole.Cara membuatnya ,2 potong logam yang masing-masing panjangnya 1/4 lamda kita susun secara vertikal / atas bawah dengan jarak 1 - 2 cm.Batang logam yang di atas kita hubungkan dengan inner coaxial cable dan batang logam yang bawah kita hubungkan dengan outer. Yang harus diperhatikan dalam pemasangan antenna ini adalah tarikan coaxial cable harus tegak lurus arah dipole minimal 50 cm baru  coax cable ditarik kebawah dan jangan sampai coaxial cable langsung ditarik sejajar dengan antenna.

Artikel terkait :


No comments:

Post a Comment