Wednesday, July 18, 2012

Cara Setting HT Firstcom FC-08

Assalamu'alaikum sahabat.....
Beberapa waktu lalu saya dapat amanah untuk pengadaan radio komunikasi untuk rekan-rekan Kepanduan Boyolali.Setelah cari referensi sana-sini dan mempertimbangkan dana yang ada akhirnya aku pilih HT produk China Merk Firstcom dengan type FC-08.Maaf, saya sebut merk bukan berarti promosi lho......karena saya tidak punya hubungan apa-apa dengan yang punya pabrik ataupun penjualnya he...he....
Awalnya sih ragu dengan produk tersebut.Tapi setelah menggunakan lebih dari setahun ternyata lumayan juga, dengan harga murah tapi barangnya tidak mengecewakan.Cuma ada sedikit masalah, dari 12 buah HT yang saya beli ada 4 buah yang sudah rusak chargernya, tapi bisa diperbaiki kok....
Dan dari pengalaman selama menggunakan HT tersebut, rekan-rekan sering kesulitan men-setting meskipun sudah ada buku panduannya.Ada yang beralasan gak bisa bahasa Inggeris,ada yang bilang prosedurnya berbelit-belit.Dari situ aku jadi ingin menulisnya disini,barangkali ada manfaat bagi yang memerlukannya.
Postur dari HT Firstcom FC-08 adalah seperti ini :
Cara pengoperasian secara komplit sudah ada pada buku petunjuk.Saya hanya igin menulis cara setting memori frekuensi, inipun sekedar menterjemahkan dari buku panduannya
Langkah-langkahnya seperti ini :
  1. Pesawat dalam keadaan off.Tekan tombil "exit" sambil menyalakan pesawat, dan pada display akan tampil tulisan "SELF".
  2. Tekan tombol "enter" dan pada display tampil tulisan CH - 1 (angka 1 menunjukkan chanel) dan silakan pilih mau ditempatkan chanel ke berapa, caranya dengan memutar knop yang kiri /rotari.
  3. Tekan "enter" dan  pada display akan tampil -- -- -- -- -- --.Silakan diisi dengan frekuensi yang mau disimpan.Jika yang mau disimpan adalah frekuensi pancar ulang maka disisi diisi frekuensi output dari pancar ulang / repeater.
  4. Tekan "enter" dan pada display akan tampil OFFSET. Ini adalah menu Tone pada bagian penerima HT kita, jadi biarkan saja dalam kondisi Off.
  5. Tekan "enter" dan pada display akan tampil -- -- -- -- -- -- , silakan diisi dengan frekuensi pengiriman HT kita.Kalau frekuensinya direct maka diisi sama dengan frekuensi penerimaan, dan jika menggunakan pancar ulang maka diisi dengan frekuensi input dari pancar ulang.
  6. Tekan "enter" dan pada display akan tampil OFFSET.Jika menggunakan direct atau pancar ulang yang tidak menggunakan Tone maka biarkan tetap dalam keadaan OFFSET. Tetapi bila menggunakan repeater yang menggunakan Tone maka diisi dengan Tone sesuai dengan repeaternya.Caranya ketika pada display masih tertulis OFFSET silakan tekan tombol bergambar *  atau Kunci, maka akan muncul angka yang menunjukkan Tone, silakan pilih yang sesuai dengan Tone repeater dengan cara memutar rotari.
  7. Tekan "enter".Pada display akan tampil BUYOFF.
  8. Tekan "enter".Pada display akan tampil SCNADD.
  9. Tekan "enter".Pada display akan tampil POW H/L.Silakan pilih Daya pancar High atau Low dengan memutar rotari.
  10. Tekan "enter".Pada display akan tampil CMPOFF
  11. Tekan "enter".Pada display akan tampil ANIOFF.
  12. Tekan "enter",Pada display akan tampil WIDE.
  13. Tekan "enter".Pada display akan tampil SCROFF.
  14. Tekan "enter" selesai.Pada dispalay akan tampil CH-2 atau channel berikutnya yang bisa langsung dilanjutkan dengan setting frekuensi pada channel berikutnya dengan urutan langkah yang sama.Wassalamu'alaykum...........

14 comments:

  1. kalo set nama untuk frequensiN gmn om???

    ReplyDelete
  2. saya punya perangkat jenis sama...tdk tahu terpencet apa..sekarang display tidak nampak tulisan apa apa...gimana caranya memunculkan kembali? atau...mau reeset ke pabrik/asal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy punya perangkat jenis sama percis dgn yg digambar, kmrin sy pakai normal, tiba2 besok paginya sy pakai tdk bisa kirim hanya bisa monitor saja, sdngkan layar signal saat sy tekan ptt normal, mhon pencerahannya pak, trmksh

      Delete
  3. ada yang tau cara set radi fm pada ht firstcom fc-08

    ReplyDelete
  4. Yang saya ketahui untuk HT Firstcom FC-08 menu radio FMnya belum bisa digunakan karena dari pabriknya memang belum diset.Dalam manual booknya ditulis untuk Radio FM opsional.Dari pemahaman saya seandainya kita menginginkan radio FMnya bisa digunakan harus menghubungi toko tempat kita beli untuk diinstal.

    ReplyDelete
  5. ane pny Firstcome FC 136/438 Radio FM built in. dah 7 bulan ini pake, fine2 aja.

    ReplyDelete
  6. bagaimana utk setting frekwensi yg besar, maksudnya saat ini fc o8 yg sy gunakan hanya sebatas 159.000, untuk dinaikkan ke frek. 200.000 itu tdk bisa, ada cara utk settingnya nda..!! mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  7. mohon bantuane cara setting manual untuk menyimpan daftar repeater dalam ht firstcom fc-05....makasih gan...

    ReplyDelete
  8. Mohon bantuannya, dilayar ane cuma tulisan CH, bagaimana cara memunculkan / ganti dengan nama sebagai ganti CH

    ReplyDelete
  9. yono kampleng ; kalo mau ganti tampilan CH tw frekuensi tekan vfo/mb pak.

    ReplyDelete
  10. saya pake yg UHF nya.. fc u08..
    indikator batre penuh saat d charge apa ya?

    numpang tanya karena HT saya sama dengan 08 hanya beda versinya saja model UHF

    ReplyDelete
  11. pencet gambar kunci lama banget terus dihidupkan

    ReplyDelete
  12. GAN....? aku minta bantuaanya cara reset manual alias kemali pengaturan awal ht firscom fc-u08

    ReplyDelete
  13. kembali pengaturan pabrik sebelum nya terima kasih....

    ReplyDelete