Sunday, May 27, 2012

Cara Meningkatkan Jangkauan Pancaran Radio


Keiginan agar pancaran radio yang dimiliki bisa lebih jauh dan bisa didengar dengan baik oleh rekan yang jauh sudah pasti menjadi harapan si pengguna radio tesebut.Bagi mereka yang sudah biasa bergelut dibidang ini postingan kali ini mungkin saja tidak berguna lagi karena cara ini sudah umum di terapkan oleh pengguna radio.

Agar pancaran radio bisa jauh ada beberapa hal teknis antara lain :
  1. Dengan cara memperbesar daya pancar radio tersebut,
  2. Memperbaiki sistem Antena yang digunakan, 
Memperbesar daya pancar radio
Cara ini bisa dengan memodifikasi radio itu sendiri, tapi untuk cara ini sering dilakukan bagi mereka yang memahami perangkat radio tersebut secara teknik elektronik ada yang melakukan trim output power hingga keluaran maksimal, efek dari cara ini akan mempersingkat usia dari radio itu sendiri karena memaksakan kerja radio itu, radiopun akan lebih cepat panas, untuk pengguna HT cara ini akan membutuhkan daya batterei lebih besar efeknya battereinya akan cepat habis,



Cara lain untuk memperbesar daya pancar yang biasa dipergunakan, dengan cara menambah atau memasang boster, sebagai penguat daya pancarnya untuk cara ini bukan hanya boster saja yang perlu diperhatikan power supply sebagai catu daya boster juga harus jadi bahan pertimbangan umpama kalau kita mempunya boster dengan daya pancar 80Watt menggunakan power 10 Amper mungkin komsumsi arus yang dibutuhkan tidak mencukupi sekalipun tegangan dari power supplynya cukup untuk boster.

Memperbaiki  Antena
Memperbaiki sistem antena yang digunakan antara lain, antena, ketinggian, dan kabel yang digunakan, antena sangatlah mempunyai peranan penting pada radio selain untuk memancarkan (transimt) dan juga sebagai penerima (receive),

Antena, mengganti antena yang memiliki penguatan yang lebih tinggi (db), bisa juga dengan menggunakan antena pengarah sektoral (sectorized).

Menaikkan antena atau menepatkan antena ketempat yang lebih tinggi "meninggikan antena" sehingga posisi antena benar-benar tinggi sehingga tidak ada penghalang yang menghalangi pancaran antena tersebut, "LOS" line of sight, teorinya sejauh mata memandang jadi kalau ada penghalang otomatis pancarannya pun tidak maksimal.

Kabel untuk kabel juga berpengaruh dikarenakan kabel adalah media penghubung antara radio dengan antena, semakin panjang kabel yang digunakan maka akan semakin besar juga lose powernya, alias berkurang dimakan kabel, solusinya gunakan kabel yang losenya kecil jadi daya yang dipancarkan dari radio maksimal sampe ke antena

Cara diatas untuk membuat pancaran radio menjadi lebih jauh hal ini memungkinkan untuk dapat berkomunikasi dengan lawan yang berada jauh dari kita, jika ingin berkomunikasi jarak jauh tanpa harus merobah cara diatas anda bisa menggunakan fasilitas Pancar Ulang / Repeater / RPU, fasilitas ini membantu untuk memancar ulang pancaran anda ke tempat yang lebih jauh lagi umumnya fasilitas ini ditempatkan ditempat yang tinggi seperti diatas tower dan digunung.

Repeater itu sendiri ada yang menggunakan perangkat radio khusus repeater dan ada juga yang dirakit dan dibuat sendiri dengan menggunakan radio biasa yang dipergunakan dengan memodifikasi radio tersebut sehingga dapat bekerja secara otomatis. Karena RPU tersebut masih menggunakan frekuensi sudah tentu jarak pancarannya juga terbatas biasanya cakupannya hanya seputar daerah tersebut tidak bisa ke daerah lain terkecuali dari daerah lain menggunakan antena pengarah mungkin bisa berkomunikasi melalui fasilitas pancar ulang, tapi ada faktor lain yang menghambat komunikasi antar daerah dengan menggunakan fasilitas pancar ulang.

8 comments:

  1. Assalamu'alaikum
    kalau mau seting ht toriphone tp-998 vhf secara manual gimana ya om? teman saya ada yabg minta tolong tapi saya gak punya buku manualnya.. terimakasih Wassalam.

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikum salam wr wb.
    Cara setting HT dari bebagai merk memang berbeda-beda.Terkadang satu merk tetapi beda type saja sudah lain, meskipun pada dasarnya sama.Perbedaanya hanya pada penamaan tombol dan pemberian kode menu-menunya.Dan untuk HT Toriphone TP-998 terus terang saya belum pernah menggunakan, jadi sementara ini belum bisa menjawab.Saya akan mencoba cari informasi dulu.

    ReplyDelete
  3. TP 998DLX-untuk setting:
    1. Rubah ke frekuensi mode (tampilan di display frekuensi bukan channel/CH)
    2. Tekan V/M sampai kondisi los (tdk ada kanal channel/tanda chnnel kecil di blkg freq)
    3. Masukan freq ...
    4. Tekan F atau Enter
    5. Masukan kanal channel
    6. Tekan enter.
    Finish

    Semoga membantu..

    ReplyDelete
  4. Mengisi frequensi RX udah bisa tpi saya bingung isi freq TX GAN mhon informasi'y dan bantuan'y kalau ada yg tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duplex atau simplex jaringannya gan.
      Kalo simplex, tx & rx isikan freq yg sama
      Kalo duplex, tx & rx isikan freq yg berbeda sesuai dgn freq RPU.

      Semoga membantu ...

      Delete
  5. Gan mau tanya, kalau ht menggunakan settingan duplex tanpa rpu apa mempengaruhi jarak jangkau transmisi?

    ReplyDelete
  6. Mau tanya juga om..
    Kalo HT PXTON itu apa betul buatan USA?
    Rasanya pilihan menu nya kok hampir sama dengan merk WEIRWEY dan ada kemiripan juga dengan merk BAOFENG.

    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Kalau repeater gak bisa hauh gmana om

    ReplyDelete